Belajar Vocabulary Anak-Anak


Anak-anak biasanya suka bermain, untuk itu saya mencoba untuk mengajak anak-anak belajar sambil bermain. Kali ini  anak-anak menambah perbendaharaan kosa kata Bahasa Inggris sambil membuat topeng. Dan yang pasti  untuk membuat topeng ini tidak mengeluarkan biaya yang mahal.  

Topeng yang akan mereka buat ini adalah topeng singa yang terbuat dari bahan kertas. Pertama-tama mereka mempersiapkan  semua bahan dan alat yang di butuhkan, seperti kertas, pensil warna, gunting dan lain-lain. Mereka menyebutkan bahan dan alatnya  satu-persatu dengan belajar bunyi dan tulisan dalam Bahasa Inggris tentunya harus di pandu oleh pembimbing. Bersama pembimbing mereka melakukan drilling activitier. Mengulangi terus menerus kosa kata Bahasa Inggris dengan memegang benda (bahan atau alat)  yang dimaksud secara langsung.

Kosa Kata membuat topeng singa:
Contoh :
              - Singa             =  Lion
              - Kertas            = Paper
              - Gunting         =  Scissors
              - Tongkat lidi   = Stick
              - Isolasi            = Tape

                                                                   
                                                                    - Pencil Warna = Color Pencil
              -Warna             = Color

Setelah belajar kosa kata anak-anak di arahkan untuk belajar memberi warna di kertas yang sudah di pola gambar singa oleh pembimbing. Setelah selesai mengarsir / memberi warna pada kertas, anak-anak di bimbing untuk menggunting kertas sesuai pola yang sudah ada membentuk topeng singa.
Topeng singa pun akhirnya jadi. Saatnya anak-anak menggunakan topengnya , lalu mereka belajar memperkenalkan diri :
Contoh :
                A : Hi, I'm Masha Lion
                B : Hello, I'm Shiva Lion

Dengan Belajar seperti ini, anak-anak diharapkan dapat menikmati belajar kosa kata dalam Bahasa Inggris. Mereka mengalami sendiri dan harapannya kosa kata itu tertanam di memori mereka. Dan tentunya anak-anak akan menjadi lebih suka dengan  Bahasa Inggris.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar